You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sirau
Desa Sirau

Kec. Karangmoncol, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Antusiasme Siswa/i SDN 2 Sirau dalam Meningkatkan Minat Baca melalui Pembuatan Pojok Literasi bersama KKN Unsoed 2023

Administrator 06 Agustus 2023 Dibaca 182 Kali
Antusiasme Siswa/i SDN 2 Sirau dalam Meningkatkan Minat Baca melalui Pembuatan Pojok Literasi bersama KKN Unsoed 2023

Pojok Literasi merupakan gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa dalam mendukung terciptanya pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Program “Pojok Literasi” yang dirancang oleh Tim KKN Unsoed 2023 di Desa Sirau merupakan salah-satu fokus utama dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang saat ini juga diterapkan pada SDN 2 Sirau. Penerapan pojok literasi ini terdiri dari dua kegiatan yaitu pembuatan pojok literasi dan penerapan literasi pagi. Dengan adanya pojok literasi ini dapat memudahkan para siswa/i mengakses berbagai genre bacaan melalui lemari pojok literasi yang tersedia disetiap ruang kelas.

Gambar 1. Lemari Pojok Literasi salah satu kelas

Program kerja pojok literasi ini dilaksanakan bersama siswa/i SDN 2 Sirau selama 6 hari dari tanggal 24 s.d. 29 Juli 2023. Tim KKN Unsoed 2023 mengajak siswa/i untuk membuat pojok literasi selama 3 hari, dimulai pada tanggal 24 s.d. 26 Juli 2023. Kegiatan tersebut diawali dengan memilah buku-buku di perpustakan, membersihkan dan merapihkan ruang kelas, menata lemari pojok literasi, dan menghias ruang kelas.

Gambar 2. Siswa SDN 2 Sirau turut membuat Pojok Literasi

Kemudian dilanjut pada tanggal 27 s.d. 29 Juli 2023 dilakukan penerapan literasi di pagi hari selama 15 menit, yang dilakukan setelah pembacaan Asmaul Husna dan sebelum dimulainya kegiatan belajar-mengajar.

Gambar 3. Siswa/i melakukan Literasi Pagi selama 15 menit

Dari hasil kegiatan pojok literasi tersebut, diharapkan minat baca siswa/i SDN 2 Sirau meningkat dan diharapkan kegiatan ini diterapkan secara berkelanjutan.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image