You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sirau
Desa Sirau

Kec. Karangmoncol, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Penyuluhan Stunting Desa Sirau

Administrator 06 Agustus 2023 Dibaca 314 Kali
Penyuluhan Stunting Desa Sirau

Desa Sirau merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Banyumas. Desa Sirau berlokasi di sebelah utara Kecamatan Karangmoncol yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Karangjambu. Desa ini terkenal akan produksi sapu glagah dan sudah dijual keluar kota seperti Bandung, Jakarta dan Bogor. Selain dari segi ekonomi, desa ini juga memiliki populasi yang sangat banyak dengan angka pernikahan dini yang tinggi. Pernikahan dini tersebut menyebabkan angka kejadian stunting di desa ini cukup tinggi sehingga diperlukan penyuluhan terkait informasi stunting.

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anakStunting ditandai dengan tinggi badan anak yang lebih rendah atau pendek dari standar usianyaStunting dapat menimbulkan akibat yang tidak dapat diubah, seperti cacat mental dan fisikStunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat ketika anak sudah menginjak usia dua tahun. Kegiatan stunting yang dilakukan antara lain Rapat Koordinasi, Pelatihan Demonstrasi Masak Menu PMT, Edukasi dan Sosialisasi Umbul-umbul serta Pendampingan Anak Stunting. Rapat koordinasi merupakan kegiatan pertama yang dilakukan pada Rabu, 19 Juli 2023. Kegiatan ini diadakan di Balai desa dengan mengundang dokter kecamatan, ahli gizi kecamatan, bidan desa, TPK, dan kader desa setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan terkait menu PMT yang cocok dilakukan.

Kegiatan kedua adalah pelatihan demonstrasi masak menu PMT. Kegiatan ini diadakan Jum’at, 21 Juli 2023 dan berlokasi di Poliklinik Kesehatan Desa Sirau. Kegiatan ini mengundang bidan desa, kader dan ibu yang memiliki anak stunting. Menu makanan yang di demonstrasikan adalah kroket kentang dan pudding mangga. Kegiatan ketiga adalah edukasi dan sosialisasi umbul-umbul. Kegiatan ini diadakan 3 hari dengan lokasi umbul-umbul yang berbeda. Pemasangan umbul-umbul yang pertama pada hari Jum’at, 21 Juli 2023 berlokasi di depan PKD Desa Sirau. Pemasangan umbul – umbul kedua pada hari, Senin, 31 Juli 2023 berlokasi di depan SD N 3 Sirau. Pemasangn umbul-umbul ketiga pada hari Rabu, 2 Agustus 2023 berlokasi di depan PKD Dusun Karanggintung Sirau. Kegiatan terakhir adalah pengawasan pada anak balita yang mengalami stunting. Kami melakukan pengawasan pada khususnya 10 anak balita dengan melihat hasil pengukuran TB dan BB sebelum pelatihan dan sesudah pelatihan. Didapatkan hasil semua anak mengalami kenaikan TB dan BB.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image